Home » Artikel » Uji Materi UU Perdagangan ke MK Karena Biaya Kuliah Mahal

Uji Materi UU Perdagangan ke MK Karena Biaya Kuliah Mahal

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Reza Aldo Agusta mengajukan uji materi (judicial review) UU Perdagangan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Reza Aldo meminta MK menguji poin ‘jasa pendidikan’ dalam Pasal 4 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

“Dalam UU Perdagangan itu, poin pendidikan nggak ada batasan dan cakupannya, jadi permasalahnnya itu. Kalau misalnya ada cakupannya untuk pendidikan formal atapun informal ya it’s okelah, tapi kalau nggak ada cakupannya jadi bisa menjadi pintu ruang untuk dimahalkan yang tujuannya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional bukan mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Reza dalam jumpa pers di Hotel Mercure Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Reza menolak ‘pendidikan’ dikategorikan sebagai jasa yang bisa diperdagangkan yang bisa memicu biaya tinggi.

Poin pendidikan dalam UU Perdagangan disebut Reza menjadi acuan yang bisa dimanfaatkan institusi pendidikan mematok biaya tinggi. Karena biaya kuliah mahal, maka tidak semua kalangan menurut Reza bisa masuk perguruan tinggi.

“Berkaca dari situ saya melihat dalam UU pedagangan ini tidak ideal karena menempatkan pendidikan sebagai sektor jasa yg dapat diperdagangkan. Artinya pendidikan menjadi profit oriented atau komersil, dan yang semestinya adalah bahwa pendidikan itu hak bagi setiap orang, dan semua orang berhak mendapat pendidikan. Bukan hanya orang yang ekonominya lebih tinggi yang bisa kuliah,” katanya.

Kuasa hukum Reza, Leonard Arpan mengatakan uji materi sudah didaftarkan ke MK. Saat ini pihaknya menunggu panggilan selanjutnya untuk menjalani persidangan.

“Jadi kurang lebih kita akan menjalani persidangan. Kami baru daftar hari ini nanti mungkin kita nunggu panggilan,” ujar Leonard.

“Kalau strategi saya pikir kami normatif. Kita akan mengikuti persidangan saja dan kita juga sedang mempersiapkan. Kami sudah mengajukan bukti-bukti tertulis memang. Tapi kami lagi periksa ahli-ahli yang bisa mendukung permohonan ini,”terangnya.
(eva/fdn)

sumber: https://news.detik.com/berita/d-4422953/biaya-kuliah-mahal-mahasiswa-ini-uji-materi-uu-perdagangan-ke-mk

error: Content is protected !!